Minggu, 19 Februari 2012

TINGKATAN DOMAIN KOGNITIF



TINGKATAN DOMAIN KOGNITIF

Tingkat
Deskripsi
I.Pengeta-huan
Arti : • Pengetahuan terhadap fakta, konsep, definisi, nama, peristiwa, tahun, daftar, rumus, teori, dan kesimpulan.
Contoh kegiatan belajar:
• mengemukakan arti
• menamakan
• membuat daftar
• menentukan lokasi
• mendeskripsikan sesuatu
• menceritakan apa yang terjadi
• menguraikan apa yang terjadi
II. Pema-haman
Arti : • Pengertian terhadap hubungan antar-faktor, antar konsep, dan antar-data, hubungan sebab-akibat, dan penarikan kesimpulan
Contoh kegiatan belajar:
  mengungkapkan gagasan/pendapat dengan katakata sendiri
• membedakan, membandingkan
• mengintepretasi data
• mendiskripsi dengan kata-kata sendiri
• menjelaskan gagasan pokok
• menceritakan kembali dengan kata-kata sendiri
III. Aplikasi
Arti : • Menggunakan pengetahuan untuk memecahkan masalah
• Menerapkan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari

Contoh kegiatan belajar:
• menghitung kebutuhan
• melakukan percobaan
• membuat peta
• membuat model
• merancang strategi
IV. Analisis
Arti : • Menentukan bagian-bagian dari suatu masalah, penyelesaian, atau gagasan dan menunjukkan hubungan antar-bagian tersebut.
Contoh kegiatan belajar:
• mengidentifikasi faktor penyebab
• merumuskan masalah
• mengajukan pertanyaan untuk memperoleh informasi
• membuat grafik
• mengkaji ulang
V. Sintesis
Arti : • Menggabungkan berbagai informasi menjadi satu kesimpulan atau konsep
• Meramu/merangkai berbagai gagasan menjadi suatu hal yang baru
Contoh kegiatan belajar:
• membuat desain
• mengarang komposisi lagu
• menemukan solusi masalah
• memprediksi
• merancang model mobil-mobilan, pesawat sederhana
• menciptakan produk baru
VI. Evaluasi
Arti : • Mempertimbangkan dan menilai benarsalah, baik-buruk, bermanfaat-tak bermanfaat

Contoh kegiatan belajar:
• mempertahankan pendapat
• beradu argumentasi
• memilih solusi yang lebih baik
• menyusun kriteria penilaian
• menyarankan perubahan
• menulis laporan
• membahas suatu kasus
• menyarankan strategi baru.


 TINGKATAN DOMAIN AFEKTIF

Tingkat
Deskripsi
I. Penerimaan (Receiving)

Arti : • Kepekaan (keinginan menerima/ memperhatikan) terhadap fenomena dan stimuli
 • Menunjukkan perhatian yang terkontrol dan terseleksi
Contoh kegiatan belajar:
• sering mendengarkan musik
• senang membaca puisi
• senang mengerjakan soal matematika
• ingin menonton sesuatu
• senang membaca cerita
• senang menyanyikan lagu
II. Responsi
(Responding)

Arti : • Menunjukkan perhatian aktif
• Melakukan sesuatu dengan/tentang fenomena
• Setuju, ingin, puas meresponsi (menanggapi)
Contoh kegiatan belajar:
• mentaati aturan
• mengerjakan tugas
• mengungkapkan perasaan
• menanggapi pendapat
• meminta maaf atas kesalahan
• mendamaikan orang yang bertengkar
• menunjukkan empati
• menulis puisi
• melakukan renungan
• melakukan introspeksi
III. Acuan nilai
(Valuing)

Arti : • Menunjukkan konsistensi perilaku yang mengandung nilai
•Termotivasi berperilaku sesuai dengan nilai-nilai yang pasti
•Tingkatan: menerima, lebih menyukai, dan menunjukkan komitmen terhadap suatu nilai
Contoh kegiatan belajar:
• mengapresiasi seni
• menghargai peran
• menunjukkan keprihatinan
• menunjukkan alasan perasaan jengkel
• mengoleksi kaset lagu, novel, atau barang antik
• melakukan upaya pelestarian lingkungan hidup
menunjukkan simpati kepada korban pelanggaran HAM
• menjelaskan alasan senang membaca novel
IV. Organi-sasi
Arti: • Mengorganisasi nilai-nilai yang relevan ke dalam latu sistem.
• Menentukan saling hubungan antar nilai
• Memantapkan suatu nilai yang dominan dan diterima di mana-mana
• Tingkatan : - Konseptualisasi suatu nilai - Organisasi suatu sistem nilai
Contoh kegiatan belajar:
• bertanggung jawab terhadap perilaku
• menerima kelebihan dan kekurangan pribadi
• membuat rancangan hidup masa depan
• merefleksi pengalaman dalam hal tertentu
• membahas cara melestarikan lingkungan hidup
• merenungkan makna ayat kitab suci bagi kehidupan
V. Karakteri-sasi (menjadi karakter)

Arti : • Suatu nilai/sistem nilai telah menjadi karakter
• Nilai-nilai tertentu telah mendapat tempat dalam hirarki nilai individu, diorganisasi secara konsisten, dan telah mampu mengontrol tingkah laku individu.
Contoh kegiatan belajar:
• rajin, tepat waktu, berdisiplin diri
• mandiri dalam bekerja secara independen
• objektif dalam memecahkan masalah
• mempertahankan pola hidup sehat
• menilai fasilitas umum dan mengajukan saran perbaikan
• menyarankan pemecahan masalah HAM
• menilai kebiasaan konsumsi
• mendiskusikan cara-cara menyelesaikan konflik antar-teman



TINGKATAN DOMAIN PSIKOMOTOR
Tingkat
Deskripsi
I. Gerakan refleks
Arti : • Gerakan refleks adalah basis semua perilaku bergerak
• Responsi terhadap stimulus tanpa sadar Misalnya: melompat, menunduk, berjalan, menggerakkan leher dan kepala, mengenggam, memegang
Contoh kegiatan belajar:
• mengupas mangga dengan pisau
• memotong dahan bunga
• menampilkan ekspresi yang berbeda
• meniru gerakan polisi lalu lintas, juru parkir
• meniru gerakan daun berbagai tumbuhan yang diterpa angin.
II. Gerakan dasar (Basic fundamental
movements)

Arti:  • Gerakan ini muncul tanpa latihan tapi dapat  diperhalus melalui praktik
• Gerakan ini terpola dan dapat ditebak 
Contoh kegiatan belajar:
  Contoh gerakan tak berpindah: bergoyang, membungkuk, merentang, mendorong, menarik, memeluk, berputar
  Contoh gerakan berpindah: merangkak, maju perlahan-lahan, meluncur, berjalan, berlari, meloncat-loncat, berputar mengitari, memanjat
  Contoh gerakan manipulasi: menyusun balok/blok, menggunting, menggambar dengan crayon, memegang dan melepas objek, blok, atau mainan
  Keterampilan gerak tangan dan jari-jari: memainkan bola, menggambar.
III. Gerakan persepsi
(Perceptual
abilities)

Arti:  • Gerakan sudah lebih meningkat karena dibantu kemampuan perseptual
Contoh kegiatan belajar:
• menangkap bola, mendrible bola
• melompat dari satu petak ke petak lain dengan 1 kali sambil menjaga keseimbangan
• memilih satu objek kecil dari sekelompok objek yang kurannya bervariasi
• membaca
• melihat terbangnya bola pingpong
• melihat gerak pendulun
• menggambar simbol geometri
• menulis alfabet
• mengulangi pola gerak tarian
• memukul bola tenis, pingpong
• membedakan bunyi beragam alat musik
• membedakan suara berbagai binatang
• mengulangi ritme lagu yang pernah didengar
• membedakan berbagai tekstur dengan meraba
IV. Gerakan
kemampuan fisik (Psysical abilities)

Arti : • Gerak lebih efisien • Berkembang melalui kematangan dan belajar

Contoh kegiatan belajar:
  menggerakkan otot/sekelompok otot selama waktu tertentu
  berlari jauh
  mengangkat beban, menarik-mendorong, melakukan push-ups, kegiatan memperkuat lengan, kaki, dan perut
  menari
• melakukan senam
  melakukan gerak pesenam, pemain biola, pemain bola
V. Gerakan terampil (Skilled movements)

Arti : • Dapat mengontrol berbagai tingkatan gerak
•Terampil, tangkas, cekatan melalukan gerakan yang sulit dan rumit (kompleks)
Contoh kegiatan belajar:
• melakukan gerakan terampil berbagai cabang olahraga
• menari, berdansa
• membuat kerajinan tangan
• menggergaji
• mengetik
• bermain piano
• memanah
• skating
• melakukan gerak akrobatik
• melakukan koprol yang sulit
VI. Gerakan indah dan kreatif (Non-discursive communication)

Arti : • Mengkomunikasikan perasaan melalui gerakan
• Gerak estetik: gerakan-gerakan terampil yang efisien dan indah
• Gerak kreatif: gerakan-gerakan pada tingkat tertinggi untuk mengkomunikasikan peran
Contoh kegiatan belajar:
  kerja seni yang bermutu (membuat patung, melukis, menari balet, melakukan senam tingkat tinggi, bermain drama (acting)
  keterampilan olahraga tingkat tinggi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar