Universitas Negeri Semarang

SELAMAT DATANG PARA PEMBACA. Bekerjalah dengan hatimu melalui KONTRIBUSI DAN PENGABDIAN TERBAIK serta gunakan segala potensi yang anda miliki. Pada saat itu anda tidak akan merasa BEKERJA. karena setiap TINDAKAN adalah pilihan YANG MENDATANGKAN KEBAHAGIAAN.

Kamis, 13 Februari 2014

KEGIATAN BELAJAR MANDIRI 1 [JARAK JAUH] KELAS XI SEMESTER 2 MAPEL PKN SMK YPUI PARUNG

STANDAR KOMPETENSI 1
Menganalisis hubungan internasional dan organisasi internasional.

Pada BAB sebelumnya kalian telah belajar tentang undur-unsur berdirinya negara. Unsur-unsur berdirinya suatu negara dapat kita golongkan menjadi 2 (dua) yaitu unsur konstitutif dan unsur deklaratif. Unsur konstitutif berdirinya suatu negara ada tiga yaitu Rakyat, Wilayah, dan Pemerintah yang Berdaulat. Sedangkan unsur deklaratif berdirinya suatu negara yaitu pengakuan dari negara lain, di beberapa sumber yang lain terkadang menyebutkan unsur deklaratif berdirinya suatu negara adalah dapat menjalin hubungan dengan negara lain.

Pengakuan dari negara lain dapat berupa suatu negara dapat menjalin hubungan dengan negara lain di dunia atau lazim kita sebut sebagai hubungan internasional.

Hubungan internasional merupakan suatu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari politik internasional, organisasi internasional, administrasi serta politik luar negeri serta pelaksanaanya didalam dan di luar lingkungan diplomatik.

Kalau kita perhatikan tak ada suatu negara yang bisa hidup tanpa melakukan hubungan dengan negara lain karena setiap negara beragam SDA [Sumber Daya Alam] dan SDM [Sumber Daya Manusia] yang berbeda-beda. Untuk itu diperlukan hubungan internasional dengan negara lain. Akan tetapi, dalam melakukan hubungan internasional harus tetap didasari oleh persamaan drajat/kedudukan di masing-masing negara.

Pada BAB ini yang akan kalian pelajari adalah tentang:
1. Pengertian, pentingnya, dan sarana hubungan internasional bagi suatu negara.
2. Tahap-tahap perjajnian internasional
3. Fungsi perwakilan diplomatik.

Untuk memperdalam pemahaman kalian, pelajari modul [LKS] yang kalian miliki. kerjakan setiap latihan soal yang menyertainya. Jangan berganti materi sebelum kalian memahami metaeri yang kalian pelajari. Ulangi memahami materi pelajaran lebih dari dua kali!.

Untuk mendalami materi lebih lanjut, silahkan kalian:
  1. Cari sebuah berita atau artikel dari surat kabar cetak atau elektronik tentang hubungan internasional yang dilakukan oleh negara indonesia dengan negara lain dalam berbagai aspek kehidupan baik politik, ekonomi, hukum, sosial dan budaya.
  2. Setelah kalian baca artikel/berita tersebut, Apa pentingnya menjalin hubungan internasional bagi bangsa indonesia dengan bangsa lain.
  3. Apa latar belakang, keuntungan, dan dampak bagi bangsa indonesia dalam menjalin hubungan internasional tersebut.
Jika ada materi yang belum jelas atau belum kalian kuasai silahkan ditanyakan kepada orang yang kalian anggap lebih tahu atau tanyakan langsung kepada guru kalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar