TINGKATAN DOMAIN KOGNITIF
Tingkat
|
Deskripsi
|
I.Pengeta-huan
|
Arti : • Pengetahuan terhadap fakta, konsep, definisi, nama, peristiwa, tahun,
daftar, rumus, teori, dan kesimpulan.
Contoh kegiatan belajar:
• mengemukakan arti
• menamakan
• membuat daftar
• menentukan lokasi
• mendeskripsikan sesuatu
• menceritakan apa yang terjadi
• menguraikan apa yang terjadi
|
II. Pema-haman
|
Arti : • Pengertian terhadap hubungan antar-faktor, antar konsep, dan
antar-data, hubungan sebab-akibat, dan penarikan kesimpulan
Contoh kegiatan belajar:
• mengungkapkan gagasan/pendapat
dengan katakata sendiri
• membedakan, membandingkan
• mengintepretasi data
• mendiskripsi dengan kata-kata sendiri
• menjelaskan gagasan pokok
• menceritakan kembali dengan kata-kata sendiri
|
III. Aplikasi
|
Arti : • Menggunakan pengetahuan untuk memecahkan masalah
• Menerapkan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari
Contoh kegiatan belajar:
• menghitung kebutuhan
• melakukan percobaan
• membuat peta
• membuat model
• merancang strategi
|
IV. Analisis
|
Arti : • Menentukan bagian-bagian dari suatu masalah, penyelesaian, atau
gagasan dan menunjukkan hubungan antar-bagian tersebut.
Contoh kegiatan belajar:
• mengidentifikasi faktor penyebab
• merumuskan masalah
• mengajukan pertanyaan untuk memperoleh informasi
• membuat grafik
• mengkaji ulang
|
V. Sintesis
|
Arti : • Menggabungkan berbagai informasi menjadi satu kesimpulan atau konsep
• Meramu/merangkai berbagai gagasan menjadi suatu hal yang baru
Contoh kegiatan belajar:
• membuat desain
• mengarang komposisi lagu
• menemukan solusi masalah
• memprediksi
• merancang model mobil-mobilan, pesawat sederhana
• menciptakan produk baru
|
VI. Evaluasi
|
Arti : • Mempertimbangkan dan menilai benarsalah, baik-buruk, bermanfaat-tak bermanfaat
Contoh kegiatan belajar:
• mempertahankan pendapat
• beradu argumentasi
• memilih solusi yang lebih baik
• menyusun kriteria penilaian
• menyarankan perubahan
• menulis laporan
• membahas suatu kasus
• menyarankan strategi baru.
|
TINGKATAN DOMAIN AFEKTIF
Tingkat
|
Deskripsi
|
I. Penerimaan (Receiving)
|
Arti : • Kepekaan (keinginan menerima/ memperhatikan) terhadap fenomena dan
stimuli
• Menunjukkan perhatian yang
terkontrol dan terseleksi
Contoh kegiatan belajar:
• sering mendengarkan musik
• senang membaca puisi
• senang mengerjakan soal matematika
• ingin menonton sesuatu
• senang membaca cerita
• senang menyanyikan lagu
|
II. Responsi
(Responding)
|
Arti : • Menunjukkan perhatian aktif
• Melakukan sesuatu dengan/tentang fenomena
• Setuju, ingin, puas meresponsi (menanggapi)
Contoh kegiatan belajar:
• mentaati aturan
• mengerjakan tugas
• mengungkapkan perasaan
• menanggapi pendapat
• meminta maaf atas kesalahan
• mendamaikan orang yang bertengkar
• menunjukkan empati
• menulis puisi
• melakukan renungan
• melakukan introspeksi
|
III. Acuan nilai
(Valuing)
|
Arti : • Menunjukkan konsistensi perilaku yang mengandung nilai
•Termotivasi berperilaku sesuai dengan nilai-nilai yang pasti
•Tingkatan: menerima, lebih menyukai, dan menunjukkan komitmen terhadap
suatu nilai
Contoh kegiatan belajar:
• mengapresiasi seni
• menghargai peran
• menunjukkan keprihatinan
• menunjukkan alasan perasaan jengkel
• mengoleksi kaset lagu, novel, atau barang antik
• melakukan upaya pelestarian lingkungan hidup
• menunjukkan
simpati kepada korban pelanggaran HAM
• menjelaskan alasan senang membaca novel
|
IV. Organi-sasi
|
Arti: • Mengorganisasi nilai-nilai yang relevan ke dalam latu sistem.
• Menentukan saling hubungan antar nilai
• Memantapkan suatu nilai yang dominan dan diterima di mana-mana
• Tingkatan : - Konseptualisasi suatu nilai - Organisasi suatu sistem
nilai
Contoh kegiatan belajar:
• bertanggung jawab terhadap perilaku
• menerima kelebihan dan kekurangan pribadi
• membuat rancangan hidup masa depan
• merefleksi pengalaman dalam hal tertentu
• membahas cara melestarikan lingkungan hidup
• merenungkan makna ayat kitab suci bagi kehidupan
|
V. Karakteri-sasi (menjadi karakter)
|
Arti : • Suatu nilai/sistem nilai telah menjadi karakter
• Nilai-nilai tertentu telah mendapat tempat dalam hirarki nilai
individu, diorganisasi secara konsisten, dan telah mampu mengontrol tingkah
laku individu.
Contoh kegiatan belajar:
• rajin, tepat waktu, berdisiplin diri
• mandiri dalam bekerja secara independen
• objektif dalam memecahkan masalah
• mempertahankan pola hidup sehat
• menilai fasilitas umum dan mengajukan saran perbaikan
• menyarankan pemecahan masalah HAM
• menilai kebiasaan konsumsi
• mendiskusikan cara-cara menyelesaikan konflik antar-teman
|
TINGKATAN DOMAIN PSIKOMOTOR
Tingkat
|
Deskripsi
|
I. Gerakan refleks
|
Arti : •
Gerakan refleks adalah basis semua perilaku bergerak
• Responsi terhadap stimulus tanpa
sadar Misalnya: melompat, menunduk, berjalan, menggerakkan leher dan kepala,
mengenggam, memegang
Contoh kegiatan
belajar:
•
mengupas mangga dengan pisau
•
memotong dahan bunga
•
menampilkan ekspresi yang berbeda
•
meniru gerakan polisi lalu lintas, juru parkir
• meniru gerakan daun berbagai
tumbuhan yang diterpa angin.
|
II. Gerakan dasar (Basic
fundamental
movements)
|
Arti: • Gerakan ini muncul tanpa latihan tapi
dapat diperhalus melalui praktik
• Gerakan ini terpola dan dapat
ditebak
Contoh kegiatan
belajar:
•
Contoh gerakan tak berpindah: bergoyang, membungkuk, merentang,
mendorong, menarik, memeluk, berputar
•
Contoh gerakan berpindah: merangkak, maju perlahan-lahan, meluncur,
berjalan, berlari, meloncat-loncat, berputar mengitari, memanjat
•
Contoh gerakan manipulasi: menyusun balok/blok, menggunting,
menggambar dengan crayon, memegang dan melepas objek, blok, atau mainan
•
Keterampilan gerak tangan dan jari-jari: memainkan bola, menggambar.
|
III. Gerakan persepsi
(Perceptual
abilities)
|
Arti: • Gerakan sudah lebih meningkat karena
dibantu kemampuan perseptual
Contoh kegiatan
belajar:
•
menangkap bola, mendrible bola
• melompat dari satu petak ke petak lain dengan 1 kali
sambil menjaga keseimbangan
• memilih satu objek kecil dari sekelompok objek yang
kurannya bervariasi
•
membaca
•
melihat terbangnya bola pingpong
•
melihat gerak pendulun
•
menggambar simbol geometri
•
menulis alfabet
•
mengulangi pola gerak tarian
•
memukul bola tenis, pingpong
•
membedakan bunyi beragam alat musik
•
membedakan suara berbagai binatang
•
mengulangi ritme lagu yang pernah didengar
•
membedakan berbagai tekstur dengan meraba
|
IV. Gerakan
kemampuan fisik (Psysical abilities)
|
Arti : •
Gerak lebih efisien • Berkembang melalui kematangan dan belajar
Contoh kegiatan
belajar:
•
menggerakkan otot/sekelompok otot selama waktu tertentu
•
berlari jauh
•
mengangkat beban, menarik-mendorong, melakukan push-ups, kegiatan
memperkuat lengan, kaki, dan perut
• menari
•
melakukan senam
• melakukan gerak pesenam, pemain biola,
pemain bola
|
V. Gerakan terampil (Skilled
movements)
|
Arti : •
Dapat mengontrol berbagai tingkatan gerak
•Terampil, tangkas, cekatan
melalukan gerakan yang sulit dan rumit (kompleks)
Contoh kegiatan
belajar:
•
melakukan gerakan terampil berbagai cabang olahraga
•
menari, berdansa
•
membuat kerajinan tangan
•
menggergaji
•
mengetik
•
bermain piano
•
memanah
•
skating
•
melakukan gerak akrobatik
•
melakukan koprol yang sulit
|
VI. Gerakan indah dan kreatif (Non-discursive
communication)
|
Arti : •
Mengkomunikasikan perasaan melalui gerakan
• Gerak estetik: gerakan-gerakan
terampil yang efisien dan indah
• Gerak kreatif: gerakan-gerakan
pada tingkat tertinggi untuk mengkomunikasikan peran
Contoh kegiatan
belajar:
•
kerja seni yang bermutu (membuat patung, melukis, menari balet,
melakukan senam tingkat tinggi, bermain drama (acting)
• keterampilan olahraga tingkat tinggi
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar