Universitas Negeri Semarang

SELAMAT DATANG PARA PEMBACA. Bekerjalah dengan hatimu melalui KONTRIBUSI DAN PENGABDIAN TERBAIK serta gunakan segala potensi yang anda miliki. Pada saat itu anda tidak akan merasa BEKERJA. karena setiap TINDAKAN adalah pilihan YANG MENDATANGKAN KEBAHAGIAAN.

Sabtu, 25 Agustus 2012

LODOK AND ME


[Dunia ini bukan seperti batu dan kayu yang mati.
Dunia ini banyak yang menawan
Dunia ini banyak yang dapat kita nikmati
Dunia ini penuh dengan kehidupan dan keindahan]
  
LODOK-Wisata Tradisional Yang Patut di Kunjungi
LODOK itu namanya. Lodok itu unik dan hanya dapat kita jumpai di Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur. Lodok merupakan pemetaan tanah menurut adat manggarai, dibuat oleh Tu'a Teno dalam sebuah gendang (perkampungan adat). Pemetaan ini berbentuk sarang laba-laba berpusat dan dibagi lurus ke arah luar sesuai dengan jumlah anggota persekutuan gendang itu.
Kontruksi sawah lodok jika Anda amati akan memiliki kesamaan dengan rumah adat Kabupaten Manggarai yang biasanya disebut dengan Gendang. Konstruksi sawah lodok dan rumah adat Gendang menunjukkan ada titik pusat di tengah.
Kontruksi sawah lodok menunukkan ada titik pusat ditengah. Di titik ini, yang disebut lodok, sering diadakan upacara adat. Saat musim tanam dan musim panen, warga mempersembahkan korban binatang berupa ayam jantan. Tujuannya agar mendapat berkat dan bersyukur atas hasil kerja yang telah diperoleh. Masyarakat Manggarai mengakui adanya Yang Ilahi, Tuhan Pencipta.
Lodok terletak di sebelah barat kelurahan Wae Belang, sebelah selatan Desa Meler dan Desa Ngawang, sebelah timur Desa Rentung Kecamatan Ruteng Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur.
Lokasi yang sangat strategis dan terletak di pinggir jalan sehingga memudahkan pengunjung untuk melihat pemandangan yang indah di Lodok. Apabila anda datang dari arah Labuhan Bajo maka anda tinggal keluarkan uang kurang lebih 60 ribu bayar travel jenis APV/ Xenia/Avanza untuk menuju ke lokasi.Anda tinggal bilang mau turun di Lodok-Cancar. Anda langsung akan diantar ke lokasi. Jika Anda datang dari Kota Ruteng daerah bandara Fran Sales lega maka Anda cukup keluar uang 5 ribu rupiah untuk sampai ke lokasi dengn naik angkot warna atas biru dan bawah merah.

Lodok And Me (sebuah kisah di daerah 3T)
HARI demi hari terus aku lalui. Segala rintangan dengan mudahnya ku atasi. Saya terus melangkahkan kaki. Banyak momentum yang ku alami. Bayak kehidupan di sekitarku yang dapat menjadi inspirasi. Juga tak sedikit yang dapat memotivasi.
Katakanlah LODOK and Me. Ya gampangnya LODOK dan saya. Lho apa sih lodok itu? Apa hubunganya lodok dengan saya. Mah hubunganya baik-baik saja. Seperti dua sejoli yang saling melengkapi. Namun, ni yang satunya benda mati. Tetapi dapat dinikmati. 
Let’s continue……
Ceritanya begini. Di depan rumah tempat saya tinggal waktu bertugas sebagai sarjana mendidik di 3T (terdepan, terluar, tertinggal) ada jalan umum. Setelah itu ada satu buah gunung kecil. Gunung itu sekarang menjadi mata pencaharian sebagaian besar masyarakat tempat saya tinggal. Karena disana dilakukan aktifitas penambangan batu. Karena batunya itu batu kapaur, maka hasil penambangan itu ada yang dijadikan pasir ada juga yang dibuat batako. Sekarang gunung kecil itu nampak berbukit dan tebing yang menjulang tinggi. Indah memang kalau kita lihat. Tetapi menakutkan juga ya. Penambang batu itu rela menjadikan taruhan nyawanya untuk memanjat tebing demi menghasilkan batu kapur baik yang akan dijadikan pasir maupun batako. Nah setelah gunung, ada sebuah sawa adat yang dinamakan dengan LODOK. 
LODOK merupakan sebuah tanah adat di Kabupaten Manggarai. Lodok ini sangat unik hanya ada di Kabupaten Manggarai. LODOK merupakan sebuah tanah pemetaan menurut adat manggarai. Pemetaan tanah ini berbentuk sarang laba-laba berpusat dan dibagi lurus kearah luar sesuai dengan jumlah anggota persekutuan gendang itu. Saya ulangi jumla peta tanah sesuai dengan jumlah anggota persekutuan gendang. Jika Anda dating ke Kabupaten Manggarai, untuk melihat LODOK Anda dating saja di Cancar, Kelurahan Wae Belang Kecamatan Ruteng-Kabupaten Manggarai NTT. Kalau Anda dating dari Labuhan Bajo jika naik travel cukup keluar kocek 60 ribu. Anda minta turun di Cancar. Lokasi LODOK tidak jauh kok dari jalan raya. Anda Tanya orang-orang di sana pasti tahu. Setelah Anda melihat sawah LODOK coba Anda melihat juga rumah adatnya orang Manggarai yang disebut dengan GENDANG. Saya ulangi rumah adat GENDANG, bukan GEDANG dan bukan GENDENG. Silahkan Anda amati dari dalam rumah adat pasti ada kesamaan dengan LODOK. 
Nah itu sedikit perkenalan LODOK dan GENDANG dari saya. Jika Anda ingin lahu lebih banyak tentangnya, silahkan dating saja kesana. 
Let’s Continue………….. 
Di LODOK lah tempat saya mencari inspirasi. Dikala saya lagi boring (bosan dan kering). Motivasi saya menurun, ada masalah, maka saya menyempatkan dengan menyisakan sedikit waktu saya untuk pergi ke LODOK. Dari tempat tinggal kurang lebih 100 meter kemudian naik gunung sedikit, saya sudah dapat menikmati indahnya sawa adat LODOK. 
Saya sangat menikmati sekali keindahan LODOK. Suasana yang bagus untuk menikmati LODOK adalah pagi hari atau sore hari. Kalau pagi hari kurang lebih setengah enam kita dapat menyaksikan indahnya LODOK dari atas bukit dan keindahan di sekitarnya. Belum lagi kalau kita melihat matahari mau terbit warna merah. SUBHANALLAH luar biasa. Nah kalau sore hari kita dapat menikmati LODOK sambil menyaksikan matahari mau tenggelm. Idahnya SANGAT LUAR BIASA. 
Tidak cukup itu saja. Untuk mengakrabkan saya dengan tetangga tidak jarang saya mengajak anak-anak mereka pergi ke atas bukit, foto bersama, menyaksikan indahnya alam ciptaan TUHAN yaitu LODOK. Sambil makan pisang goring di atas bukit. Okoknya mantap. 
Ketika teman-teman sesama peserta SM-3T menyambangi ke rumah tempat tinggal saya di daerah 3T, juga saya ajak ke LODOK. Misalnya Ibu Sandra, Pak Misbah, dan masih banyak yang lainya. Kita foto bersama. Menikmati indahnya panorama di sana. 
Dikala sore hari sehabis pulang dari skolah, ya itung-itung refresing juga datang ke LODOK. Saya Ibu Fitri, Pak Aji, Ibu Mira, dan Siswa dari sekolah temat saya bertugas datang ke sawah LODOK untuk mencari keong emas dan belut. Sebagai lauk saya. Oh nikmatnya. 
Disawah LODOK itu banyak sekali keong emas dan belut jawa. Tidak hanya itu banyak juga ikan baralado disana. Pokoknya kalau masaknya benar. Disantap nikmat sekali. 
LODOK YOU ARE BEAUTIFULL! 
The End…………

1 komentar:

  1. luar biasa. pengen kesana? kalau naik pesawat dari jawa sampai manggarai berapa ya?

    BalasHapus