Universitas Negeri Semarang

SELAMAT DATANG PARA PEMBACA. Bekerjalah dengan hatimu melalui KONTRIBUSI DAN PENGABDIAN TERBAIK serta gunakan segala potensi yang anda miliki. Pada saat itu anda tidak akan merasa BEKERJA. karena setiap TINDAKAN adalah pilihan YANG MENDATANGKAN KEBAHAGIAAN.

Rabu, 24 Juni 2015

ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN PENGETAHUAN DAN PENGETAHUAN BERBASIS STRATEGI UNTUK MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN (Studi Pada SMK Swasta YPUI Parung-Bogor)



ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN PENGETAHUAN
DAN PENGETAHUAN BERBASIS STRATEGI UNTUK MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN
(Studi Pada SMK Swasta YPUI Parung-Bogor)

Wiyanto
Pascasarjana Universitas Pamulang Tangerang Selatan
Email: wytcedu07@Gmail.com

Abstrak : Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan program pendidikan yang menyiapkan peserta didik setelah lulus mampu untuk Bekerja secara profesional dan/atau Melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan/ atau Wirausaha (BMW). Kabupaten Bogor merupakan salah satu kabupaten di Indonesia yang menaruh perhatian tinggi terhadap pendidikan pada tingkat SMK. Sesuai dengan yang diamanatkan dalam sistem pendidikan nasional bahwa pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, kesempatan mutu, serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal dan global dibuktikan oleh kabupaten bogor dengan berdirinya banyak SMK dengan berbagai pilihan program keahlian. Besarnya kuantitas sekolah harus didukung oleh besarnya kualitas SDM yang berada dilini terdepan yaitu PTK di sekolah. PTK harus memiliki  pengetahuan dan dapat mengelolanya. Mengelola pengetahuan baik individu atau pengetahuan organisasi secara lebih efektif serta menggunakannya untuk memberikan pelayanan pendidikan yang sesuai dengan harapan bahkan melebihi harapan pelanggan baik internal maupun eksternal merupakan salah satu upaya untuk menciptakan keunggulan bersaing berkelanjutan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui knowledge resource dan penerapan knowledge management (KM) baik eksplisit maupun implisit serta menganalisis terhadap knowledge based strategy (KBS) dengan tujuan agar didapatkan keuntungan dari KM dan KBS. Sehingga dapat menciptakan keunggulan bersaing berkelanjutan (sustainable competitive advantage) pada SMK.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa .............................

Kata Kunci: Pengetahuan, Manajemen Pengetahuan, Pengetahuan berbasis Strategy, Keunggulan Bersaing Berkelanjutan, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar