Universitas Negeri Semarang

SELAMAT DATANG PARA PEMBACA. Bekerjalah dengan hatimu melalui KONTRIBUSI DAN PENGABDIAN TERBAIK serta gunakan segala potensi yang anda miliki. Pada saat itu anda tidak akan merasa BEKERJA. karena setiap TINDAKAN adalah pilihan YANG MENDATANGKAN KEBAHAGIAAN.

Kamis, 31 Mei 2012

DESA MAWA CARA, NEGARA MAWA TATA

malam ini mengingatkan aku dengan pepatah jawa di atas. desa mempunyai adat sendiri-sendiri dan negara mempunyai hukum sendiri. itulah gambaran bahwa sejak dahulu hingga sekarang jawa menghargai pluralitas.
inilah realitas yang saya lihat di tempat tugas. sebuah adat kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat dalam rangka memberikan persembahan pada nenek moyang (kal...au di jawa ya syukuran, mendoakan leluhur). semua tetangga di undang kumpul bersama menyaksikan dan mengikuti keberlangsungan prosesi acara.
acara di buka dengan daun siri lengkap dengan buah inang untuk menginang. kopi panas dan teh disuguhkan. sambil menunggu kehadiran warga, acara diselingi senda gurau, cerita2 masa lalu kakek dan nenek.
nuansa kekeluargaan sangat terlihat sekali tidak tua, muda, laki2, perempuan semuanya menyatu menjadi sebuah keluarga yang rukun, tenang, tentram, harmonis (singkatnya). semua orang tertawa. keceriaan terlihat dari muka yang polonya.
prosesi berlangsung sampai selesai. acara dilanjutkan dengan makan malam. senda gurau pun berlanjut. the end.......................

dimana jika masing2 lingkungan wajar memiliki adat yang berbeda.

telusur-telusur FLORES juga punya
"hunge baa tonga belola, pura perae tawa hewo pelau helu, hunga baa tonga belola hala, hau dekak kelen tukan"
[junjunglah dan jaga baik-baik agar panjang umurmu, sebab jika tidak maka akan pendek umurmu]. ada pepatah bahwa umur manusia diibaratkan seperti mathari terbin hingga terbenam. pribahasa yang mengingatkan agar siapa pun wajib mengikuti perintah dan larangan adat yang diwariskan nenek moyang supaya hidupnya selamat.

======
adat adalah aturan atau pedoman tingkah laku dan tatatertib bagi warga masyarakat dalam menjalani kehidupan bersama. di indonesia masing2 memiliki adat dan tradisi berbeda-beda. jawa ada adat sendiri, manggarai ada adat sendiri, begitu juga daerah lain . semuanya sesuai dengan nilai kepercayaan mereka.
karena setiap daerah memilki adat dan kebiasaan berbeda, maka siapapun wajib menghormati adat kepercayaan orang lain dan pandai-pandai menyesuaikan diri apabila berhubungan dengan mereka.

Salam
InspirACTION - For A Better Meaningful Life

Tidak ada komentar:

Posting Komentar