Universitas Negeri Semarang

SELAMAT DATANG PARA PEMBACA. Bekerjalah dengan hatimu melalui KONTRIBUSI DAN PENGABDIAN TERBAIK serta gunakan segala potensi yang anda miliki. Pada saat itu anda tidak akan merasa BEKERJA. karena setiap TINDAKAN adalah pilihan YANG MENDATANGKAN KEBAHAGIAAN.

Kamis, 31 Mei 2012

SEMUA MENGANGGUK, MENYERUKAN KEBAIKAN,KEBENARAN, KEJUJURAN

Senin, 28 Mei 2012. Setelah kurang lebih 6 bulan di tempat tugas, saya pelan-pelan mencoba belajar dari lingkungan sekitar. menelisik kebudayaan yang ada. melihat dengan mata, memikirkan dengan pikiran dan hati. menanggapi dengan bijak.
------
menguatnya modernisasi dan globalisasi, kebudayaan, nilai-nilai luhur serta perilaku khas indonesia itu kadang tampak... samar, bah...kan hilang dan tenggelam, bahkan hilang, sengaja dilupakan, tenggelam, karena sudah jarang yang menghiraukan.Sudah jarang di praktikan dalam kehidupan sehari-hari, tercampur dengan budaya kekinian yang beraneka macam, lambat laun, pelan-pelan tergerus oleh kebudayaan itu.
--------
mencoba membumikan, mengingatkan ajaran mengenai perilaku yang dipraktikan yang diserukan oleh nenek moyang kita. oleh karena itu baik jika ajaran-ajaran itu kita sebar luaskan. supaya dapat dipelajari, di bandingkan dan diamalkan (yang baik)
--------
Ajaran perilaku "JAWA" ada "KORELASI" dengan Ajaran perilaku "FLORES"
diantaranya;
Jawa:"Becik ketitik olo ketoro"[siapa berbuat baik akan terbukti (diakui), siapa yang berbuat buruk akan kelihatan sendiri]. anjuran agar siapa saja berbuat baik. walaupun awalnya belum tampak pada saatnya nanti akan nampak dan dihargai, jika berbuat buruk sepandai apapun akhirnya akan ketahuan juga. (RIGHT)
Flores:"Lusi beka teti dai, aran lie dai mala heku mai du mai teta mai awa, dawa geto tale tukan"[ibarat elang terbang tinggi, papan melayang di bawahnya, tiada tentu kemana arahnya;barang siapa berbuat jahat walaupun disembunyikan, kelak akan ketahuan juga]. gambaran atau nasehat yang tidak mengindahkan nasehat tetua. akhirnya terjerumus ke lembah curam, gelap (kejhatan).
--------
Kejujuran adalah perbuatan terpuji.
jujur itu lurus hati
tidak suka berbohong
berkata apa adanya tidak ditutup-tutupi
tidak menyakiti
dilakukan dengan tulus hati
dilakukan secara ikhlas
perliaku yang sudah di lalukan nenek moyang kita di negeri pertiwi ini.
seruan untuk berbuat baik, jujur, dll.
*****
Salam InspirACTION-For A Better Meaningful Life

Tidak ada komentar:

Posting Komentar