Universitas Negeri Semarang

SELAMAT DATANG PARA PEMBACA. Bekerjalah dengan hatimu melalui KONTRIBUSI DAN PENGABDIAN TERBAIK serta gunakan segala potensi yang anda miliki. Pada saat itu anda tidak akan merasa BEKERJA. karena setiap TINDAKAN adalah pilihan YANG MENDATANGKAN KEBAHAGIAAN.

Kamis, 31 Mei 2012

JANGAN HERAN, SATU PERSATUAN YANG KUAT

Minggu, 27 Mei 2012. Ketika kita datang ke Kabupaten Manggarai NTT, Kita akan menjumpai sebuah rumah yang atapnya membentuk kerucut dari rumput alang-alang.
orang orang mengikat alang2 menjadi satu ikatan yang utuh untuk mengatapi rumah.

apakah itu?
GENDANG. Gendang adalah namanya.
itu adalah rumah adat Kabupaten Manggarai.

mengapa dibuat kerucut? kok tidak dibuat limas, tabu...ng atau lainya?

ternyata ada Filosofinya.kurang lebih begini dalam bahasa manggarainya

"puin taan uin tou, gahan taan kahan ehan"
[mengikat membuat ikatan satu, mengikat alang2 menjadi satu ikatan untuk mengatapi rumah]

maksudnya adalah mengikat menjadi satu, membuat menjadi tunggal. ini merupakan perlambangan SATU PERSATUAN YANG KUAT. Selain dalam rumah adatnya, simbol satu persatuan yang kuat ternyata juga ditunjukkan melalui pembagian tanah adatnya yang mirip jaring laba-laba. LODOK namanya.
selain dalam rumah adat, dan sawah, dalam kehidupan seharian SATU PERSATUAN YANG KUAT juga di wujudkan dalam kehidupan sehari-hari. misalnya pada kegiatan NEMPUNG (berkumpul) untuk musyawarah, pesta sekolah, penentuan belis (jumlah mas kawin), dan lain-lain.
==========
itulah salah satu masyarakat indonesia dalam melakukan GOTONG ROYONG. terlihat sederhana memang. tetapi LUAR BIASA bagi saya. itu menjadi tidak sederhana jika kita bisa menyikapinya.
kebersamaan dan gotong royong sudah menjadi adat dan tradisi bangsa-bangsa di indonesia sejak dahulu. dengan semangat gotong royong itu banyak kesulitan hidup yang dapat di atasi.
mengingat hidup GOTONG ROYONG sudah mulai pelan-pelan di tinggalkan oleh sebagian masyarakat. sementara di bumi Manggarai tercinta GOTONG ROYONG masih mengakar. baik dilambangkan melalui rumah adatnya, sawah adatnya (LODOK) maupun hidup kesehariannya.
Majulah Manggarai, Jayalah Indonesia!

Salam InspirACTION-For A Better Meaningful Life!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar