Universitas Negeri Semarang

SELAMAT DATANG PARA PEMBACA. Bekerjalah dengan hatimu melalui KONTRIBUSI DAN PENGABDIAN TERBAIK serta gunakan segala potensi yang anda miliki. Pada saat itu anda tidak akan merasa BEKERJA. karena setiap TINDAKAN adalah pilihan YANG MENDATANGKAN KEBAHAGIAAN.

Minggu, 19 Februari 2012

TINGKATAN DOMAIN KOGNITIF



TINGKATAN DOMAIN KOGNITIF

Tingkat
Deskripsi
I.Pengeta-huan
Arti : • Pengetahuan terhadap fakta, konsep, definisi, nama, peristiwa, tahun, daftar, rumus, teori, dan kesimpulan.
Contoh kegiatan belajar:
• mengemukakan arti
• menamakan
• membuat daftar
• menentukan lokasi
• mendeskripsikan sesuatu
• menceritakan apa yang terjadi
• menguraikan apa yang terjadi
II. Pema-haman
Arti : • Pengertian terhadap hubungan antar-faktor, antar konsep, dan antar-data, hubungan sebab-akibat, dan penarikan kesimpulan
Contoh kegiatan belajar:
  mengungkapkan gagasan/pendapat dengan katakata sendiri
• membedakan, membandingkan
• mengintepretasi data
• mendiskripsi dengan kata-kata sendiri
• menjelaskan gagasan pokok
• menceritakan kembali dengan kata-kata sendiri
III. Aplikasi
Arti : • Menggunakan pengetahuan untuk memecahkan masalah
• Menerapkan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari

Contoh kegiatan belajar:
• menghitung kebutuhan
• melakukan percobaan
• membuat peta
• membuat model
• merancang strategi
IV. Analisis
Arti : • Menentukan bagian-bagian dari suatu masalah, penyelesaian, atau gagasan dan menunjukkan hubungan antar-bagian tersebut.
Contoh kegiatan belajar:
• mengidentifikasi faktor penyebab
• merumuskan masalah
• mengajukan pertanyaan untuk memperoleh informasi
• membuat grafik
• mengkaji ulang
V. Sintesis
Arti : • Menggabungkan berbagai informasi menjadi satu kesimpulan atau konsep
• Meramu/merangkai berbagai gagasan menjadi suatu hal yang baru
Contoh kegiatan belajar:
• membuat desain
• mengarang komposisi lagu
• menemukan solusi masalah
• memprediksi
• merancang model mobil-mobilan, pesawat sederhana
• menciptakan produk baru
VI. Evaluasi
Arti : • Mempertimbangkan dan menilai benarsalah, baik-buruk, bermanfaat-tak bermanfaat

Contoh kegiatan belajar:
• mempertahankan pendapat
• beradu argumentasi
• memilih solusi yang lebih baik
• menyusun kriteria penilaian
• menyarankan perubahan
• menulis laporan
• membahas suatu kasus
• menyarankan strategi baru.


 TINGKATAN DOMAIN AFEKTIF

Tingkat
Deskripsi
I. Penerimaan (Receiving)

Arti : • Kepekaan (keinginan menerima/ memperhatikan) terhadap fenomena dan stimuli
 • Menunjukkan perhatian yang terkontrol dan terseleksi
Contoh kegiatan belajar:
• sering mendengarkan musik
• senang membaca puisi
• senang mengerjakan soal matematika
• ingin menonton sesuatu
• senang membaca cerita
• senang menyanyikan lagu
II. Responsi
(Responding)

Arti : • Menunjukkan perhatian aktif
• Melakukan sesuatu dengan/tentang fenomena
• Setuju, ingin, puas meresponsi (menanggapi)
Contoh kegiatan belajar:
• mentaati aturan
• mengerjakan tugas
• mengungkapkan perasaan
• menanggapi pendapat
• meminta maaf atas kesalahan
• mendamaikan orang yang bertengkar
• menunjukkan empati
• menulis puisi
• melakukan renungan
• melakukan introspeksi
III. Acuan nilai
(Valuing)

Arti : • Menunjukkan konsistensi perilaku yang mengandung nilai
•Termotivasi berperilaku sesuai dengan nilai-nilai yang pasti
•Tingkatan: menerima, lebih menyukai, dan menunjukkan komitmen terhadap suatu nilai
Contoh kegiatan belajar:
• mengapresiasi seni
• menghargai peran
• menunjukkan keprihatinan
• menunjukkan alasan perasaan jengkel
• mengoleksi kaset lagu, novel, atau barang antik
• melakukan upaya pelestarian lingkungan hidup
menunjukkan simpati kepada korban pelanggaran HAM
• menjelaskan alasan senang membaca novel
IV. Organi-sasi
Arti: • Mengorganisasi nilai-nilai yang relevan ke dalam latu sistem.
• Menentukan saling hubungan antar nilai
• Memantapkan suatu nilai yang dominan dan diterima di mana-mana
• Tingkatan : - Konseptualisasi suatu nilai - Organisasi suatu sistem nilai
Contoh kegiatan belajar:
• bertanggung jawab terhadap perilaku
• menerima kelebihan dan kekurangan pribadi
• membuat rancangan hidup masa depan
• merefleksi pengalaman dalam hal tertentu
• membahas cara melestarikan lingkungan hidup
• merenungkan makna ayat kitab suci bagi kehidupan
V. Karakteri-sasi (menjadi karakter)

Arti : • Suatu nilai/sistem nilai telah menjadi karakter
• Nilai-nilai tertentu telah mendapat tempat dalam hirarki nilai individu, diorganisasi secara konsisten, dan telah mampu mengontrol tingkah laku individu.
Contoh kegiatan belajar:
• rajin, tepat waktu, berdisiplin diri
• mandiri dalam bekerja secara independen
• objektif dalam memecahkan masalah
• mempertahankan pola hidup sehat
• menilai fasilitas umum dan mengajukan saran perbaikan
• menyarankan pemecahan masalah HAM
• menilai kebiasaan konsumsi
• mendiskusikan cara-cara menyelesaikan konflik antar-teman



TINGKATAN DOMAIN PSIKOMOTOR
Tingkat
Deskripsi
I. Gerakan refleks
Arti : • Gerakan refleks adalah basis semua perilaku bergerak
• Responsi terhadap stimulus tanpa sadar Misalnya: melompat, menunduk, berjalan, menggerakkan leher dan kepala, mengenggam, memegang
Contoh kegiatan belajar:
• mengupas mangga dengan pisau
• memotong dahan bunga
• menampilkan ekspresi yang berbeda
• meniru gerakan polisi lalu lintas, juru parkir
• meniru gerakan daun berbagai tumbuhan yang diterpa angin.
II. Gerakan dasar (Basic fundamental
movements)

Arti:  • Gerakan ini muncul tanpa latihan tapi dapat  diperhalus melalui praktik
• Gerakan ini terpola dan dapat ditebak 
Contoh kegiatan belajar:
  Contoh gerakan tak berpindah: bergoyang, membungkuk, merentang, mendorong, menarik, memeluk, berputar
  Contoh gerakan berpindah: merangkak, maju perlahan-lahan, meluncur, berjalan, berlari, meloncat-loncat, berputar mengitari, memanjat
  Contoh gerakan manipulasi: menyusun balok/blok, menggunting, menggambar dengan crayon, memegang dan melepas objek, blok, atau mainan
  Keterampilan gerak tangan dan jari-jari: memainkan bola, menggambar.
III. Gerakan persepsi
(Perceptual
abilities)

Arti:  • Gerakan sudah lebih meningkat karena dibantu kemampuan perseptual
Contoh kegiatan belajar:
• menangkap bola, mendrible bola
• melompat dari satu petak ke petak lain dengan 1 kali sambil menjaga keseimbangan
• memilih satu objek kecil dari sekelompok objek yang kurannya bervariasi
• membaca
• melihat terbangnya bola pingpong
• melihat gerak pendulun
• menggambar simbol geometri
• menulis alfabet
• mengulangi pola gerak tarian
• memukul bola tenis, pingpong
• membedakan bunyi beragam alat musik
• membedakan suara berbagai binatang
• mengulangi ritme lagu yang pernah didengar
• membedakan berbagai tekstur dengan meraba
IV. Gerakan
kemampuan fisik (Psysical abilities)

Arti : • Gerak lebih efisien • Berkembang melalui kematangan dan belajar

Contoh kegiatan belajar:
  menggerakkan otot/sekelompok otot selama waktu tertentu
  berlari jauh
  mengangkat beban, menarik-mendorong, melakukan push-ups, kegiatan memperkuat lengan, kaki, dan perut
  menari
• melakukan senam
  melakukan gerak pesenam, pemain biola, pemain bola
V. Gerakan terampil (Skilled movements)

Arti : • Dapat mengontrol berbagai tingkatan gerak
•Terampil, tangkas, cekatan melalukan gerakan yang sulit dan rumit (kompleks)
Contoh kegiatan belajar:
• melakukan gerakan terampil berbagai cabang olahraga
• menari, berdansa
• membuat kerajinan tangan
• menggergaji
• mengetik
• bermain piano
• memanah
• skating
• melakukan gerak akrobatik
• melakukan koprol yang sulit
VI. Gerakan indah dan kreatif (Non-discursive communication)

Arti : • Mengkomunikasikan perasaan melalui gerakan
• Gerak estetik: gerakan-gerakan terampil yang efisien dan indah
• Gerak kreatif: gerakan-gerakan pada tingkat tertinggi untuk mengkomunikasikan peran
Contoh kegiatan belajar:
  kerja seni yang bermutu (membuat patung, melukis, menari balet, melakukan senam tingkat tinggi, bermain drama (acting)
  keterampilan olahraga tingkat tinggi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar